Minggu, 06 Mei 2012

Pelanggaran Privasi Aplikasi di Facebook

Facebook sepertinya tidak sadar ataukah berpura-pura tidak menyadari bahwa 10 aplikasi teratas yang ada dalam system Facebook telah melanggar peraturan privasi. Aplikasi-aplikasi yang meminta identifikasi user dan di beberapa kasus mengumpulkan daftar teman-teman kita, kemudian mengirimkannya ke perusahaan-perusahaan periklanan dan internet, seperti yang dipublikasikan oleh The Wall Street Journal.
Kesepuluh aplikasi tersebut antara lain: Zynga's FarmVille, Texas HoldEm Poker, FrontierVille, Cafe World, Mafia Wars, Treasure Isle, Phrases, Causes, Quiz Planet and iHeart.
Meskipun hal ini dibantah oleh Facebook melalui salah satu engineer Facebook Mike Vernal yang mengatakan bahwa tidak ada seorang pun yang bisa mengakses informasi pribadi user tanpa sepengtahuan user, dan para pengembang aplikasi pun tidak diizinkan untuk membagikan informasi tentang user ke jaringan periklanan dan broker data. “Kami mengambil tindakan keras untuk menerapkan peraturan ini, termasuk menangguhkan atau bahkan meng-non aktifkan aplikasi yang melanggarnya”, demikian ditegaskan oleh Mike Vernal
Masalah ini sebenarnya telah dilaporkan oleh banyak user yang telah melakukan complain ke Facebook, tetapi sampai sekarang ini masih belum ada tindakan langsung yang diambil oleh Facebook selain memberikan pernyataan yang menolak tegas informasi tersebut.
“Perusahaan lain akan melakukan investigasi dan menegur partner mereka jika ketahuan melanggar peraturan tentang masalah privasi, tetapi Facebook terlalu arogan untuk mendengar klaim dari user mereka”, ujar Giovanni Gallucci, seorang konsultan media social dari You+Dallas.
 

0 komentar:

Posting Komentar