Senin, 21 Mei 2012

Ratan Tata : Mobil Berbahan Bakar Air

Penggagas mobil murah India, Tata Nano yakni Ratan Tata nampaknya tidak puas dengan hanya mendobrak pasar mobil murah India lewat Tata Nano. Orang nomor satu di Tata Motors itupun bermimpi untuk menciptakan mobil yang bisa dijalankan dengan air alias berbahan bakar.





















Tidak dijelaskan mengenai spesfifikasi mobil air tersebut. Namun mimpi Ratan Tata sepertinya bakal terwujud setelah menggandeng ilmuwan dari Institut Teknologi Massechusetts, AS.

Sebab, profesor tersebut mengetahui cara untuk membagi air secara langsung menjadi hidrogen dan oksigen untuk dijadikan bahan bakar. Dan untuk untuk mewujudkan proyek itu, Ratan Tata sudah menggelontorkan dana sebesar US$ 15 juta atau sekitar Rp 134 miliar untuk penelitian mobil yang bisa berjalan di air.

"Ratan Tata sudah memberikan dana kepada seorang profesor sejumlah US$ 15 juta," kata Perdana Menteri India, Profesor Rao seperti dilansir Indiatimes, Minggu (2/1/2011).

"Dia (Tata) ingin berinvestasi di perusahaan yang akan memecah air  langsung menjadi hidrogen dan oksigen," kata Rao yang juga Ketua Dewan Penasehat Ilmiah itu. "Dan mimpi Ratan Tata adalah membuat mobil yang bisa menggunakan bahan bakar air. Mimpi saya sama dengannya," tambah Rao.

Keinginan Ratan Tata itu untuk mendukung hari "International Year of Chemistry"  PBB. Tata Motors akan menjadi produsen mobil India pertama yang menciptakan mobil yang dapat digunakan dengan air.

0 komentar:

Posting Komentar