Kamis, 17 Mei 2012

Tips, Langkah dan Cara Mengkopi, Memindahkan atau Membakar Data / Backup ke Keping CD-R / CD-RW atau DVD-R / DVD-RW Kosong


Ada kalanya kita ingin memindahkan isi file pada harddisk / hd komputer kita ke medium lain yang lebih mudah dan fleksibel bisa dipakai di mana-mana, harganya murah dan tahan lama.
CD dan DVD adalah medium yang saat ini banyak digunakan sebagai medium data. Perbedaan antara CD dengan DVD adalah pada banyaknya data yang dapat dimuat di dalam kepingan plastik tersebut. DVD dapat diisi sampai dengan 4.7 GB dan CD sampai dengan 670 MB. Kapasitas penyimpanan medium tersebut dapat menjadi lebih besar lagi jika jumlah sisi dan layer pada medium dirubah. Semakin banyak sisi atau layer yang diganakan maka semakin besar data yang dapat diisikan pada kepingan cd tersebut.
Persyaratan untuk copy ataupun bekap data ke dalam CD-R / CD-RW / DVD-R / DVD+R adalah sebagai berikut di bawah ini :
- CDRW / DVDRW drive
- Medium CD-R / CD-RW / DVD-R / DVD-RW kosong kecuali RW
- Software CD / DVD Burning
- Komputer PC / Laptop / Dll
Langkah-langkah Bakar File ke CD / DVD :
1. Pastikan Software Burning serta CDRW atau DVDRW drive sudah terpasang dengan baik.
2. Masukkan CD atau DVD kosong pada Drive CDRW atau DVDRW anda
3. Jalankan perangkat lunak khusus untuk membakar file ke cd / dvd kosong.
4. Sorot dan rekap file-file yang akan dipakai pada software burning. Ketika selesai jalankan perintah burn.
5. Keluarkan dan dinginkan cd / dvd setelah selesai.
Tambahan :
- Bisa saja ada kemungkinan bahwa terjadi kegagalan kopi sehingga membuat medium yang anda bakar menjadi tidak bisa lagi digunakan (kecuali rw).
- Pastikan setting software burning sebelum membakar tidak salah. pilih drive yang dapat membakar (bukan image recorder).
- Anda dapat membuat file image dengan memilih setting image recorder pada setingannya. Guna dan fungsi dari file image adalah bentuknya yang hanya 1 file hasil penggabungan banyak file. Selain itu dapat juga dijalankan seperti layaknya sebuah cd dengan program atau software image seperti d-tools / daemon tools.

0 komentar:

Posting Komentar